Apa itu Sablon? Pengetahuan Dasar bagi yang Ingin Belajar Sablon

Sablon adalah teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, kaos, plastik, kertas, kaca, kayu ... thumbnail 1 summary

Sablon adalah teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, kaos, plastik, kertas, kaca, kayu dan sebagainya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon (atau sering juga disebut film sablon). Kegiatan menyablon sekilas tampak mudah dan sederhana, pada prakteknya menyablon membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.
pecah warna untuk sablon
Setting Pecah Warna untuk Screen Sablon
Berdasarkan pengalaman penulis untuk belajar sablon bagi pemula mungkin akan dihadapkan pada banyak kesalahan demi kesalahan, dan semua itu akan terbayarkan dengan hasil yang memuaskan karena setiap kesalahan yang terjadi akan menjadikan pengalaman dan pengetahuan yang cukup berharga. Jadi dalam belajar sablon jangan mudah menyerah jika mengalami kegagalan pada tahap-tahapnya.

Sablon banyak diimplementasikan dalam banyak media seperti kais, plastik, kertas dan sebagainya. Pilihlah spesialisasi media yang ingin dikerjakan misalnya kaos, sablon kaos sendiri terdapat banyak teknik dan hasilnya pun juga berfariasi.

alat sablon - screen sablon
Pencucian Screen Sablon
Dalam tahap pengenalan sablon bisa diawali dengan melihat-lihat dulu di industri sablon di daerah terdekat, atau bisa juga cari informasi di internet seperti Google dan Youtube. Amatilah apa saja peralatan yang terdapat di situ kemudian kenali satu per satu apa kegunaannya, hal ini akan mempermudah pembelajaran karena sudah tidak asing dengan bahan/alat sablon.
meja sablon sederhana
Meja Sablon Sederhana
Untuk mulai pembelajaran akan lebih baik jika didampingi oleh ahli yang sudah berpengalaman, ahli sablon biasanya mempunyai tips-tips yang sangat bermanfaat. Bisa juga belajar dilakukan dengan otodidak dari membaca buku, website/blog, video tutorial dan sebagainya, adapun dalam belajar sendiri/otodidak umumnya membutuhkan banyak waktu dan biaya karena kemungkinan terjadi kesalahan lebih besar daripada apabila didampingi oleh ahli yang berpengalaman.

Demikian ulasan singkat yang mungkin bermanfaat bagi pembaca sebelum praktik belajar sablon. Terus belajar dan tetap semangat! :)

By; BAMS (GK)

Sumber foto:
  • Gading Kaos - Klaten
  • Freedom Konveksi - Klaten

Tidak ada komentar

Poskan Komentar