Jenis-jenis Rakel Sablon Manual dan Kegunaannya

Rakel adalah alat untuk mendorong dan menekan tinta dari kain screen agar menempel pada media ya... thumbnail 1 summary


Rakel adalah alat untuk mendorong dan menekan tinta dari kain screen agar menempel pada media yang disablon seperti kain, kertas, plastik dan sebagainya. Rakel juga merupakan peralatan utama dalam sablon manual. Jenis-jenis rakel sablon manual cukup beragam, melalui artikel ini Sablon (dot) Info coba menyajikan informasi jenis-jenis rakel berdasarkan informasi yang didapat dari sebuat group di Facebook dengan nama ScreenPrintingForDummies.

Berawal dari pertanyaan salah satu anggota group bernama BombasTees sebagai berikut:
Menurut agan2, enakan rakel bentuk lancip apa yg papah/kotak ??? Apakah fungsinya emang beda? Thanks :)

Dari pertanyaan tersebut kemudian ada salah satu anggota group Meyer Lansky yang membagi ilmunya, berikut kutipan jenis-jenis rakel dan kegunaanya,
  1.  Rakel bentuk kotak / papak
    Digunakan untuk menggesut tinta solvent. Screennya T61, T77,T90, T100,T120,T150. Dapat untuk mencetak di bahan tekstil dan lainya seperti plastik, panel listrik, dsb. dan diperlukan untuk menghasilkan gambar yang mengandalkan ketajaman, dan juga rakel papak/kotak ini harus tahan minyak.
  2. Rakel bentul lancip
    Digunakan untuk menggesut tinta di bahan tekstil. Dibuat permukaannya lancip dengan maksud agar tintanya lebih masuk banyak. Cocok digunakan untuk mencetak tinta secara tipis. Untuk kekerasannya sekitar 65 dan cocok untuk menggesut di screen: T24,32,36,40,48,54,61,77, dan 90.
  3. Rakel lancip tapi datar ujungnya
    Digunakan untuk mengesut tinta di bahan tekstil, lebih cocok digunakan untuk mendapatkan hasil cetak tebal/block. screenya T24 - T48.
  4. Rakel lancip sebelah
    Biasanya digunakan untuk mesin karena mengesut dengan 1 arah makanya dibuatlah lancip 1 sisi. untuk hasil cetaknya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh rakel lancip biasa.
  5. Rakel kotak sebelah
    Biasanya digunakan untuk mesin karena mengesut dengan 1 arah makanya dibuatlah kotak 1 sisi. untuk hasil cetaknya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh rakel kotak biasa.
Demikian sedikit ulasan tentang jenis-jenis rakel sablon manual sesuai yang disampaikan Meyer Lansky dalam group Facebook, Sablon (dot) Info di sini berupaya mengabadikan informasi-informasi yang sekiranya bermanfaat buat sabloners tanah air. Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada Meyer Lansky dan BombasTees.

Sablon.Info

6 komentar

  1. minta tips cara menggesut dengan benar karena beberapa kali nyablon hasilnya permukaan hasil sablonan kurang rata dan sering berbayang.
    seberapa kental cat rubber agar hasil sablonan bagus. makasih atas jawabannya mas bambang

    BalasHapus
  2. Untuk tips cara menggesut agar baik mungkin akan kami bahas pada halaman khusus mas, kemudian untuk kekentalan ruber mungkin bisa membaca halaman berikut: http://www.sablon.info/2015/02/seperti-apa-kekentalan-tinta-sablon.html

    BalasHapus
  3. gan, cara memperbaiki rakel yg sudah tidak rata gimana ya gan?, hasil gesutnya terlihat garis memanjang? Apa harus ganti rakel baru? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah menemui karet rakel yang sudah rusak dapat dibenahi secara manual mas, karena karet rakel dibuat pabrikan. Karet rakel yang sudah rusak umumnya diganti baru, gunakan karet rakel yang berkualitas mas...

      Hapus
  4. mas. kalo rakel kotak dibuat gesut dengan tinta ruber hasilnya bagus gak ya..?
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, sesuaikan kekerasan rubber untuk sablon dengan rubber. Di workshop kami juga menggunakan rakel kotak untuk sablon rubber, berdasarkan pengalaman kami menghasilkan sablonan yang lebih tebal..
      Semoga membantu...

      Hapus