Jenis-jenis Screen dan Kegunaan Berdasarkan Kerapatan T(x)

Dibawah ini adalah berbagai macam ukuran screen dan kegunaannya, ukuran screen biasa disebut Th... thumbnail 1 summary



Dibawah ini adalah berbagai macam ukuran screen dan kegunaannya, ukuran screen biasa disebut Thick disingkat T yaitu kerapatan pada anyaman benang-benang screen.

Screen T 48
Screen kasar ini memiliki lubang pori-pori cukup besar, sehingga mampu menyalurkan tinta dalam jumlah yang cukup banyak dan tebal. Biasa digunakan untuk media handuk, selimut, karpet, karung, aku sendiri biasa menggunakan 48 T untuk blok/dasar pasta rubber putih pada kaos warna gelap.

Screen T 61
Ukuran ini lubang pori-porinya juga lumayan besar maka baik digunakan untuk sablon pasta rubber/karet pada warna kedua pada kaos, juga biasa dipakai sablon dengan teknik foaming (sablon untuk mendapatkan ketebalan tertentu), juga baik untuk sablon lem stiker.

Screen T 77
Digunakan untuk menyablon kaos dengan menggunakan tinta Extender terutama untuk desain yang besar, baik juga digunakan untuk membuat spanduk.

Screen T 90
Digunakan untuk menyablon kaos dengan tinta Extender terutama untuk desain yang kecil atau desain raster, baik juga digunakan untuk kain tekstil yang bertekstur halus seperti kain saten, peles dan sutera.

Screen T 120
Digunakan untuk menyablon karton, seng, kayu, kulit, dan kayu. karung plastik (glangsi)

Screen T 150
Digunakan untuk sablon kertas daya serap tinggi, seperti kertas Hammer, Hawai yang biasa digunakan untuk undangan.

Screen T 165
Screen ini tergolong screen dengan lubang pori-pori halus, biasa untuk sablon kertas dengan daya serap rendah, baik juga untuk sablon plastik, logam dan kaca.

Screen T 180
Biasa digunakan untuk mencetak plastik dan bahan-bahan yang bertekstur sangat halus.

Screen T 200
Biasa digunakan untuk mencetak pada media plastik, kaca dengan teknik raster.

Demikian sekelumit tentang kain screen dan kegunaannya, semoga bermanfaat.

Oleh:  Pappi Ceppy Sablon 
Sumber: Sablon Kaos Solo Group Facebook

5 komentar

  1. permisi admin, saya mau tanya tinta yang bagus buat kaos distro itu apa dan biasanya sablonnya pakai screen T berapa ?

    BalasHapus
  2. Untuk distro memang mempunyai standart masing2 mas, untuk tinta yang kualitas bagus salah satunya Matsui. Untuk screen yang digunakan pada kaos secara umum T61

    BalasHapus
  3. Untuk distro memang mempunyai standart masing2 mas, untuk tinta yang kualitas bagus salah satunya Matsui. Untuk screen yang digunakan pada kaos secara umum T61

    BalasHapus
  4. Mas, Untuk jenis kain CARDET (20s, 30s) tinta sablon dan ukuran screen yang bagus di gunakan apa ya?

    BalasHapus
  5. Untuk kain cardet bisa menggunakan tinta sablon jenis rubber mas, ukuran screen bisa menggunakan T55 atau T61, selamat mencoba...

    BalasHapus