Tutorial Separasi Warna Menggunakan Separation Studio

Banyak teman-teman yang bertanya kepada saya mengenai cara separasi warna untuk raster, daripada... thumbnail 1 summary


Banyak teman-teman yang bertanya kepada saya mengenai cara separasi warna untuk raster, daripada saya menjawab satu per satu lewat inbox, menurut hemat saya lebih baik diposting di blog ini, jadi siapa saja bisa mengakses kapan saja. Kalau ada kekurangan pada teknik saya, kiranya para pembaca berkenan untuk memberikan kritik dan sarannya.
Langsung saja ya, siapkan gambar yang mau dipecah warnanya. Usahakan gambar mempunyai resolusi 300 dpi pada ukuran cetak yang diinginkan.

1. Buka gambar di photoshop untuk dicek dan disesuaikan resolusi serta ukurannya.

2. Hapus background hitam pada gambar menggunakan tool color range. Karena desain akan disablon pada kain berwarna hitam, jadi warna hitam pada desain ikut warna kaos saja. Lalu save as menggunakan format png biar backgroundnya tetap transparan. Sekarang desain sudah siap diolah menggunakan Separation Studio.
Gambar yang sudah dihapus background-nya
3. Buka file desain tadi mengggunakan Separation Studio
Gambar langsung terbagi menjadi 9 channel warna
Hapus channel yang tidak diperlukan seperti channel blue, purple, dan green.

4.Lakukan pegeditan seperlunya untuk mempertegas warna desain. Hal itu bisa dilakukan dengan cara klik kanan pada channel lalu pilih adjust channel. Sebagai contoh saya tingkatkan nilai contras pada channel red, gold, dan grey. Beberapa channel juga sudah dihapus.
Terlihat beberapa channel warna sudah dihapus
Setelah selesai diedit, simpan filenya. File hasil penyimpanan akan memiliki format eps. Sampai di sini proses menggunakan Separation Studio sudah selesai. Selanjutnya file hasil dari pengolahan ini dibuka menggunakan photoshop untuk di-split (dipisah) masing-masing channelnya.

5.Setelah file dibuka di photoshop, ubah resolusinya menjadi 80 dpi saja, karena rencananya akan dibuat halftone dengan kerapatan 40 LPI. Jadi rumusnya adalah:
Resolusi gambar (DPI)  = 2 x kerapatan Halftone (LPI)
Gambar siap diconvert menjadi halftone

6. Di photoshop saya sudah terinstal action script dari Quickseps, jadi untuk mengkonversi desain ini menjadi halftone tinggal klik action-nya sesuai tingkatan LPI yang dikehendaki.
Pilih action script yang 40 Lines Halftone

7.Gambar setelah dikonversi menjadi halftone 40 LPI.
Gambar siap di print.

8.Simpan masing-masing gambar hasil pemisahan channel menggunakan format bitmap grayscale. Gambar siap dicetak tanpa harus menggunakan printer yang support postscript.
File siap cetak


Demikian tutorial singkat dari saya, semoga dengan ilmu saya yang dangkal ini bisa memberi inspirasi buat teman-teman semua.

Tutorial Separasi Warna Menggunakan Separation Studio
Disalin dari: http://warungkonveksi.com/bikin-film-sparasi-via-sparation-studio/

2 komentar

  1. bang , cara pengafdrukan sparasi sampai jadi film biar bagus dan sesuai dengan gambar sprasinya (tidak rusak / tidak pecah ) bgmn ?

    BalasHapus
  2. Cara pengafdrukan sama dengan desain-biasa mas, akan tetapi pada desain separasi penyemprotan saat afdruk mesti cepat dan merata agar hasil optimal.

    BalasHapus