Cara Cepat Membersihkan atau Menghapus Afdruk Screen Sablon

Membersihkan atau menghapus afdruk screen merupakan salah satu aktifitas yang mesti dijalani oleh sa... thumbnail 1 summary

Membersihkan atau menghapus afdruk screen merupakan salah satu aktifitas yang mesti dijalani oleh sabloners, nah.. apabila pencucian atau penghapusan afdruk screen sablon kurang tepat tentu akan memakan waktu cukup lama. Pada kesempatan kali ini Sablon Info akan sedikit berbagi tips bagaimana cara membersihkan atau menghapus afdruk screen sablon dengan cepat.

Kaporit
Soda api
Bayclin
  1. Pertama, hal yang mesti dilakukan adalah membersihkan screen dengan air segera setelah selesai digunakan untuk menyablon, maksudnya adalah agar sisa tinta yang masih dalam kondisi basah dapat dibersihkan dengan mudah, karena jika sisa tinta sampai kering pada screen maka akan membutuhkan proses lebih panjang untuk membersihkannya.

  2. Kedua, siapkan screen yang akan dicuci kemudian siram dengan air pada kedua sisi (depan dan belakang), jika memungkinkan rendam screen di dalam air beberapa saat, hal ini dimaksudkan agar obat afdruk yang terdapat pada screen dapat lebih melunak.

  3. Ketiga, siapkan bahan dan peralatan untuk mencuci screen. Bahan yang sering dipergunakan untuk mencuci atau menghapus screen misalnya kaporit, soda api, bayclin, dll. Ketiganya bisa dipergunakan secara bersamaan atau cukup menggunakan salah satu saja.

    Cara menggunakan kaporit untuk menghapus screen sablon, 
    Letakkan bubuk kaporit dalam sebuah wadah kemudian tuangkah air dan aduk, perbandingan antara kaporit dan air kira-kira 1:2, air yang digunakan bisa dengan air biasa atau lebih baik lagi menggunakan air panas, campuran kaporit dan air saja sudah bisa digunakan namun ada pula yang menambahkan dengan soda api, tapi menurut saya soda api tidak perlu digunakan mengingat keamanan penggunaannya karena soda api apabila terkena air akan mencair dan panas, bila terkena kulit biasanya akan terasa gatal :)

    Jika campuran kaporit dan air sudah siap oleskan pada screen yang sudah disiram air atau direndam tadi, oleskan merata pada sisi depan dan belakang, setelah rata biarkan selama kurang lebih 2 sd 3 menit.

    Cara menggunakan bayclin untuk menghapus screen sablon, 
    Selain menggunakan kaporit ada bahan lain yang bisa digunakan untuk mencuci atau menghapus screen sablon, bahan tersebut adalah Bayclin atau sejenisnya yang mudah didapatkan. Cara menggunakannya bisa dengan mengoleskan cairan baycelan secara merata pada sisi depan dan belakang atau dengan menyemprotkan cairan bayclin. Jika sudah biarkan selama kurang lebih 2 sd 3 menit.

  4. Keempat, Siapkan sikat pembersih, gunakan sikat yang lebut atau sikat khusus screen sablon, setelah screen didiamkan selama kurang lebih 3 menit kemudian sikat secara perlahan pada sisi depan kemudian sisi belakang, pada tahap ini biasanya obat afdruk screen sudah mulai rontok, sembari menyiram dengan air sikat pada bagian yang masih terdapat obat afdruk, untuk memaksimalkan cucian semprot dengan air, bisa menggunakan semprotan biasa atau mengguakan semprotan air bertekanan tinggi.

  5. Kelima, Jika obat afdruk sudah dirasa bersih tiriskan atau keringkan untuk bisa digunakan lagi untuk mengafdruk screen sablon dengan desain lainnya.
Demikian sedikit ulasan mengenai Cara Membersihkan atau Menghapus Afdruk Screen Sablon dengan Cepat, semoga dapat bermanfaat.

Oleh: Bambang Santoso (www.gadingkaos.com)



34 komentar

  1. terimakasih bermanfaat banget nih buat saya yg pemula . heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali mas Putra, terima kasih sudah berkunjung di wesite Sablon Info :)

      Hapus
  2. terima kasih bang infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali mas, semoga bermanfaat...

      Hapus
  3. Makasi banget mas , info dan tips nya detail dan rinci , sukses terus ya mas ( TrusDesign - Bandung )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali mas Eddy, semoga bermanfaat.. Sukses selalu TrusDesign

      Hapus
  4. Mas mau tanya...cara menghilangkan bintik" di screen itu gmn mas......saya udh coba berbagai cara tpi bintik"nya gk bisa hilang...mulai pake m3 trus photoxol 7....tlng kasih saran soalnya saya pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa dicoba dengan campuran minyak M3 dicampur dengan serbuk detergen mas, saya biasa menggunakan detergen merk Bukrim.. Oleskan campuran tersebut pada area bintik2, tunggu sekitar 1 menit kemudian seprot dengan alat semprot bertekanan tinggi...

      Hapus
    2. Klo untuk membersihkan catnya aja cukup dengan air atau ada bahan lain lagi mas

      Hapus
    3. Untuk jenis tinta waterbase membersihkan bisa dengan air mas jika tinta dalam kondisi masih basah. Tp kalau tinta kondisi sudah kering bisa dibersihkan dengan minyak M3.

      Hapus
  5. gan kenapa pada saat saya test sablon glow in the dark tidak keluar ya cahaya nya padahal campuran fosfor dan clearnya 1 on fosfor dan 2,5 ons clear apanya yg bermasalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sablon glow in the dark saya menyarankan memberikan sablon dasaran atau underbase terlebih dahulu mas, gunakan tinta rubber putih sebagai dasaran atau warna tinta yang mendekati warna fosfornya.

      beri dasaran 2x atau 3x timpa, kemudian baru sablonkan capuran fosfor dan rubber clear di atasnya, timpa 2x atau 3x sesuai selera...

      Hapus
  6. Kece badai gan,terima kasih gan infonya....

    BalasHapus
  7. Mau tanya2 mas, kalau kita mau sablon kertas menggunakan tinta apa ya? Dan pengencernya juga apa?
    Misalkan mau sablon di brown bag seperti karung semen itu?
    Trus kalau sdh pakai, bagamana cara menghapus screen dari tinta dan afdruk tsb? Ditunggu gan jawabannya... trims bagettt.. salam

    BalasHapus
  8. Kebetulan kami bidangnya sablon kain mas, utnuk sablon kertas sepertinya berbasis minyak. Untuk tintanya mungkin bisa ditanyakan di toko sablon terdekat. :)

    BalasHapus
  9. trims atas info cara hapus screenny, klu utk screen yg dh klamaan gmn proses pnjangny? sy butuh jg tuh, krn slama ni tiap screen yg susah d hapus, sy slalu gnti kain screenny, hrga kain screen permeterny lumayan mahal, gan, 70rb semeterny...sblmny trims jika sudi bagi tahu proses hapus screen yg susah hilang...

    BalasHapus
  10. Mas kalo sablon kaos sama gak dengan sablon sweater? Terima kasih

    BalasHapus
  11. Teknik dan caranya sama mas, bahan juga sama... tgl disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter sablon yang dikehendaki...

    BalasHapus
  12. saya membersihkan menggunakan campuran kaporit dan soda api (1:1) tahapya seperti di atas screen di siram depan belakang, kemudian campuran cairan tadi di ratakan di screen (1 sisi) kemudian nunggu 30 menit, setelah 30 menit memang semua obat afdruk yang di screen hilang bersih tapi sisa film (master) sablon masih ada. bersihinnya gimana mas? terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kalau mesti menunggu 30 menit terlalu lama mas, terlalu lama menyebabkan cairan kaporit mengering sehingga lebih sulit dibersihkan. Oles afdrukan dengan cairan kaporit tunggu +- 3 (tiga) menit, kemudian bersihkan dengan menggosok ringan, semprot dan bilas.
      Untuk sisa film yang belum bisa bersih, jika kotoran yang dimaksud berupa tinta yang sudah kering maka bisa dibersihkan dengan cairan M3, oleskan cairan M3, tunggu sekitar 1 menit kemudian semprot dengan air. semoga membantu...

      Hapus
  13. Mas bisa kah membersihkan cat yang d screen tanpa menghapus afdruknya..? Kalo bisa gimana caranya mas..?
    Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Screen setelah selesei untuk menyablon seharusnya langsung dibersihkan dengan air hingga sisa tinta yang menempel pada screen dapat bersih (karena tinta masih dalam keadaan basah dan mudah dibersihkan).
      Apabila sisa tinta terlanjur mengering pada screen bisa dibersihkan dengan cairan M3, oleskan cairan M3 tunggu sekitar 1 menit kemudian semprot dengan air. Cairan M3 tidak merusak afdruk akan tetapi akan melunakkan tinta rubber yang sudah kering.

      Hapus
  14. cara menghilangkan noda naptol di sablon gimana om??
    butuh penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghilangkan noda naptol kami belum ada referensi mas... mohon maaf...

      Hapus
  15. Kalau sablon full kaos pakai kertas ukuran berapa om? Terus gimana solusinya kalau tidak ada printer yang ukuran besar ?
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sablon ukuran full umumnya menggunakan kertas A2, memang masih jarang yang mempunyai printer ukuran tersebut. Bisa diakali dengan menyambungkan kertas A3 yang di print dan sudah disetting pada komputer terlebih dahulu dengan memberi tanda bagian-bagian yang disambungkan, Hal tersebut dapat diberlakukan jika sablon 1 warna, untuk sablon multi colour tentu sangat beresiko terjadi pergeseran. semoga membantu...

      Hapus
    2. Itu cara settingnya dikomputer gimana om, ane kok belum paham ? Kalau bisa minta tutornya om, maaf pemula, terima kasih sebelumnya :)

      Hapus
    3. Pengalamn pertama sablon kaos, pakai cat bahan dasar gelap, screen tidak cepat2 di cuci, hingga catnya mengering,,, apakah masih bisa di selamatkan,,,,, sudah nyoba di bersihkan nggak bisa, bisakah m3 mengatasinya, soalnya belum beli

      Hapus
    4. Pengalamn pertama sablon kaos, pakai cat bahan dasar gelap, screen tidak cepat2 di cuci, hingga catnya mengering,,, apakah masih bisa di selamatkan,,,,, sudah nyoba di bersihkan nggak bisa, bisakah m3 mengatasinya, soalnya belum beli

      Hapus
    5. Untuk tinta yang sudah mengering dan membandel di screen bisa menggunakan minyak M3 mas untuk membersihkannya...

      Hapus
  16. Terima kasih atas pertolongan petunjuk mas,saya akan praktekan sesok.

    BalasHapus