Alat Apa Saja yg Perlu Dibeli untuk Memulai Usaha Sablon?

Berkunjung ke salah satu grup Sablon di Facebook bernama Sablon Kaos Solo , kami menemukan sebuah pe... thumbnail 1 summary

Berkunjung ke salah satu grup Sablon di Facebook bernama Sablon Kaos Solo, kami menemukan sebuah pembahasan yang menarik tentang Alat Apa Saja yg Perlu Dibeli untuk Memulai Usaha Sablon?
Dalam forum tersebut dikemukakan oleh mas Sri Yatno Utomo (NeckOnecko) dan mas Ceper (Ppcp IndoPrint) sebagaimana dikutip Sablon.Info berikut ini agar bisa menjadi masukan dan inspirasi bagi temen-temen yang sedang atau mau memulai usaha sablon. Berikut kutipannya:


Sri Yatno Utomo: 
"Banyak yg bertanya (terutama via inbox) alat apa saja yg perlu dibeli utk memulai usaha sablon dan belinya dimana. Sebenarnya sebelum mempersiapkan alat dan peralatan pendukung sablon yg perlu banget dibeli adalah bensin, pulsa dan 2 bungkus rokok apache filter. 

 Knapa itu yg utama? Karena itu merupakan modal anda utk berkunjung ke workshop terdekat dan meminta ke owner workshop utk sedikit berbagi metodenya. Sebelum memutuskan beli alat, hendaknya dipikirkan metode sablon yg bagaimana yg anda butuhkan. Hal tsb dipengaruhi oleh bajet dan seberapa luas tempat sablon anda. 

Metode sablon diantaranya, todong (ini harus banyak minum jus wortel, karena ketelitian dan keawasan mata anda hal mutlak utk metode ini), Frame presisi (minimal anda harus mempersiapkan meja ukuran 120x240cm dan ruangan utk menaruh papan triplek) hal tsb berlaku jg utk metode meja banting. Meja Rel (mutlak membutuhkan tempat yg luas dan satu lagi anda hrs lihai dlm afdruk film sendiri). Meja Catok (ini sangat cocok utk tempat yg kecil namun perlu juga space ruang utk menaruh papan triplek) mungkin itu dulu. Utk lebih jelasnya biar yg koment dibawah ini yg nambahin." 

Dari beberapa komentar yang masuk, satu yang kami kutip...

Ppcp IndoPrint: 
"Super sekali pakde, saya hanya bisa sedikit menambahi, jika kita sudah mengerti basic menyablon langkah yang harus kita lakukan adalah membeli alat alat penunjang sablon karena dengan adanya alat alat yang lengkap dan berkualitas tentu nantinya kita dapat menghasilkan sablon yang berkualitas juga. 

Seperti orang jawa bilang jika kita membangun suatu usaha ada istilah "Babat Alas", kata babat alas artinya menebang pohon di hutan. Jika kita hanya mempunyai Pisau tentu kita tidak akan bisa menebang pohon Jati padahal pohon Jati itu yang mahal harganya, kalaupun kita bisa menebang dengan pisau tentu akan memerlukan waktu yang sangat lama dan itu tidak efektif. Kita harus menyiapkan gergaji mesin untuk menebang hutan jati tersebut dengan cepat dan kita juga harus tau harga gergaji mesin tentu beda dengan sebuah pisau, ibarat kita ingin memancing ikan yang besar kita juga harus menggunakan umpan yang besar. 

Dalam sebuah workshop sablon tentu tidak ada yang namanya Superman, yang ada adalah Superteam. Kerja sama yang baik antara team produksi adalah kunci utama. Kita harus membagi tugas untuk masing masing team kerja kita seperti divisi marketing, setting, afdruk, sablon, finishing, quality control, dll. Di posting berikutnya akan saya jelaskan lebih luas tentang bagaimana mempertahankan usaha sablon karena mencapai puncak itu tidak begitu sulit, yang sulit adalah bertahan di puncak. Awali setiap pekerjaan dengan Doa supaya dalam bekerja kita selalu di beri kemudahan. Gusti berkahi."

Semoga apa yang disampaikan mas Sri Yatno Utomo dan mas Ceper di atas dapat menginspirasi pembaca sekalian. Terima kasih. www.sablon.info



3 komentar

  1. Inpiratif sekali apa yang disampaikan Ppcp, sangat memotivasi... setelah baca saya jadi tambah semangat, makasih ya mas..
    Sablon Info kalau bias diadakan liputan ke workshop sablon para sabloners di Indonesia dong...

    BalasHapus
  2. Oooo.... superrrrrrrrrrrrr sekali....... sangat menginspirasi :)

    BalasHapus
  3. Yup...... memulai usaha sablon jadi banyak inspirasi, suwun kang

    BalasHapus