Binder Discharge dan Komposisinya untuk Sablon Discharge

Binder Discharge Series adalah binder discharge berbasis air, yang bisa mendapatkan hasil colour discharge printing yang bright di baha... thumbnail 1 summary

Binder Discharge Series adalah binder discharge berbasis air, yang bisa mendapatkan hasil colour discharge printing yang bright di bahan berwarna gelap, discharge printing (sablon discharge) ini hanya bekerja dengan baik pada bahan kaos/katun yang di celup dengan celupan reactive vinyl sulphone (dischargable dyestuff) dengan menambahkan discharge agent 2-6% (LC 26-01 Odorless), Neo Colour (pewarna) 5-6% kedalam binder discharge. Tinta yang sudah dicampur dengan discharge agent expired 4 jam.
Dan tersedia dalam beberapa jenis.
Cara Pakai:
A. MT.Discharge binder 301 DW(White) 100%
LC 26-01 Odorless / Discharge agent 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Total 105-106%
B. MT.Discharge binder 301 DC(Clear) 100%
LC 26-01 Odorless / Discharge agent 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Neo Colour 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Total 110-111%
C. Super White W-0116 100%
LC 26-01 Odorless / Discharge agent 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Neo Colour 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Total 110-111%
D. Espana Binder 100%
Espana DTU / Discharge agent 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Neo Colour 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Total 110-111%
E. MT.Eco Discharge binder 0809(clear) 100%
Espana DTU / Discharge agent 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Neo Colour 5-6% dari berat tinta yang di pakai
Total 110-111%
MT.Eco Discharge binder 0809 (Clear) & MT.Eco Discharge binder 0810 (White)
adalah Binder discharge yang sudah eco friendly / tidak bau
NB: Untuk menghasilkan warna merah yang lebih bright untuk discharge kita mempunyai pewarna khusus yaitu Magna ECO Red HB & Neo Brilliant Red MFBR.
Ada juga MT.Binder 801 dan MT.Printgen 801 adalah binder untuk Discharge print di atas bahan indigo dyed denim/jeans, atau tinta yang di buat khusus untuk bahan denim yang telah dicelup dengan indigo dyestuff.
Dengan menggunakan binder ini hasil warna print menjadi lebih bright & stabil, dapat digunakan dengan berbagai proses steaming, baking (heat dry). Tinta ini juga memungkinkan printer untuk color discharge dengan memasukan pigmen warna kedalam binder 801 dan printgen 801.
Untuk bahan Jeans harus yang tidak ada kanji nya, cara pakainya sebagai berikut:
Binder 801 60%
Printgen 801 40%
Pigmen colour 5%
total 105%.
Semoga bermanfaat..
Sumber: LUCAS SPS


4 komentar

  1. Berapaan bos discharge agentnya. ..
    Itu biar warna biar kuat yeah. .
    Berarti sama fungsinya ma fixer. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. discharge agent (LC 26 odorless) $ 11.55/kg...fungsinya beda dengan fixer f (cross lingker) kalau discharge agent fungsinya untuk campuran pigment discharge printing diatas bahan katun celupan reaktive supaya hasil warnanya bright di bahan berwarna gelap dan sablonannya menyatu dengan kain...untuk pewarna yang di pakai discharge memang harus pewarna yang tahan discharge agent seperti Neo colour dan Magna Eco Red HB

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum
    Saya sabloners pemula yg ingin belajar sablon discharge. Akan tetapi yg belum saya dapat yaitu mengenai tutorial dischare dasar seperti jenis tinta yg bagaimana ? Screen dgn ukuran rapat brp ? Teknik gesut ? . Yg paling saya bingungkan adalah fungsi cairan kimia yg dicampur dgn tinta
    .. Terima Kasih banyak, semoga anda dapat membantu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam wr.wb.
      Baik pak, untuk ukuran screen yang digunakan sama dengan halnya sablon rubber biasa, bapak bisa menggunakan screen T61, teknik gesut pun tidak ada yang berbeda. Yang membedakan adalah pada tinta dan proses finishingnya pak.

      Pada dasarnya sablon discharge adalah MENGHILANGKAN warna kain dan menggantinya dengan warna tinta, bahan yang berfungsi untuk menghilangkan warna kaos adalah dischare agent atau odorless yang bereaksi saat dipress atau dipanaskan, makanya bahan ini perlu dicampurkan ke dalam tinta.

      Selain itu hal lain yang mesti mendukung adalah tinta juga sebaiknya menggunakan tinta yang mendukung sablon discharge, serta kain yang disablon adalah jenis kain reaktif.
      Demikian bapak Haris, semoga membantu...

      Hapus