Tips dan Trik, Agar Tinta Rubber Tidak Mudah Kering di Wadah

Hai sabloners... Tadi di tengah-tengah gesut sablon kaos tiba-tiba terpikirkan untuk membagi informa... thumbnail 1 summary

Hai sabloners... Tadi di tengah-tengah gesut sablon kaos tiba-tiba terpikirkan untuk membagi informasi tentang bagaimana agar tinta rubber tidak mudah kering di wadah. Bagi sabloners sudah lama di sablon mungkin hal ini sudah menjadi hal yang sering dilakukan dan barangkali tips ini berguna bagi sabloners lainnya. Ok?

Nah... saat akan menyablon tentu yang dipersiapkan adalah tinta, dalam hal ini adalah rubber. Rubber ditempatkan dalam wadah dicampur dengan pigmen pewarna, berikan sedikit binder bila perlu, dan siap digunakan. Dalam wadah terbuka tentu tinta rubber akan mudah kering dikarenakan terkena udara secara langsung, biarpun hanya kering di permukaan saja kadangkala menjadi penghambat misalnya screen menjadi mudah mampat. Nah, bagaimana agar tinta rubber tidak mudah kering di wadah?

Sederhana saja, jika tinta ruber siap pakai dalam wadah tidak langsung digunakan berikan sedikit cairan binder di atas permukaan rubber tersebut, jangan diaduk dan biarkan sampai mau digunakan, kemudian aduk lagi saat akan digunakan untuk menyablon.


Adanya cairan binder di atas permukaan rubber menjadikan tinta rubber tidak mudah kering, karena udara akan menguapkan cairan binder terlebih dahulu. Tips ini saya dapatkan dari salah satu teman sabloners bernama mas Bagong dari Klaten yang sudah lama berkecimpung di dunia sablon kaos.

Nah, tips kedua ini biasa dilakukan sabloners Gading Kaos (GK), selain memberikan sedikit cairan binder pada permukaan rubber baiknya wadah dibungkus dengan plastik bila rubber belum akan digunakan dalam waktu yang cukup lama. Plastik yang biasa digunakan adalah plastik yang biasanya untuk membungkus buah karena plastik sangat elastis dan dapat merekat.    

Plastik biasa untuk membungkus buah

Plastik sangat elastis

Rubber sudah dibungkus rapat
Demikian sedikit tips dan trik agar tinta rubber tidak mudah kering di wadah. Semoga bermanfaat..

Oleh: Bambang Santoso (Gading Kaos Klaten)



2 komentar