Cara Menggunakan Kertas Teflon sebagai Lapisan HeatPress Sablon Kaos

Selamat sore penggiat sablon di manapun berada, kali ini Sablon Info akan membahas seputar cara ... thumbnail 1 summary


Selamat sore penggiat sablon di manapun berada, kali ini Sablon Info akan membahas seputar cara menggunakan kertas teflon sebagai lapisan heatpress sablon kaos. Nah, berbekal pengalaman menyablon termasuk salah satu bagiannya yaitu finishing hasil sablonan menggunakan kertas teflon. 

Sebelumnya sedikit kami jelaskan apa itu kertas teflon?

Kertas teflon atau ada yang menyebutnya dengan kain teflon adalah salah satu jenis bahan yang mempunyai karakter tahan terhadap panas. Dengan kelebihannya tersebut kertas teflon sering digunakan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan panas salah satunya press sablon. 

Sebelum mengenal kertas teflon.

Dulu waktu masih masa belajar sablon kaos saya sering menggunakan setrika untuk finishing hasil sablon pada kaos, tanpa dilapisi dengan apapun, jadi permukaan setrika langsung mengenai bagian sablon. Dan kelemahan dari cara ini adalah sering terjadinya kotoran menempel pada sablonan sehingga hasil sablon menjadi kurang baik. Saya sempat berfikir bahwa setrikanya yang kotor, kemudian menggunakan alternatif lain dengan menggunakan lapisan kertas HVS yang masih baru. 

Menggunakan kertas HVS baru teryata tidak tahan lama, harus sering-sering ganti kertas dikarenakan saat kertas HVS digunakan untuk press kertas akan menjadi buram, kondisi seperti itu kurang baik lagi digunakan sebagai lapisan press. 

Mulai mengenal kertas teflon

Seiring waktu berjalan saya tanya kepada teman-teman yang sudah lama berpengalaman dalam dunia sablon kaos, akhirnya saya mendapat jawaban bahwa bahan yang digunakan untuk lapisan heatpress adalaj kertas teflon. Dari informasi tersebut saya coba mencari-cari di toko peralatan sablon, akan tetapi tidak semua toko sablon menyediakan kertas tersebut. 

Alhamdulillah, akhirnya saya mendapatkannya di sebuah toko peralatan sablon di Solo. Setelah sampai di workshop sablon kaos saya coba kertas tersebut untuk lapisan press menggunakan setrika, dan hasilnya sangat memuaskan, hasil sablonan menjadi semakin halus dan tetap bersih.

Cara Menggunakan Kertas Teflon sebagai Lapisan HeatPress Sablon Kaos

Untuk penggunaanya cukup mudah, letakkan kertas teflon di atas sablonan yang sudah siap difinishing, kemudian press dengan heatpress atau bisa juga dengan menggunakan setrika, Jika menggunakan setrika pastikan gosok dengan merata pada area sablon. 

Demikian sedikit informasi tentang cara menggunakan kertas teflon sebagai lapisan heatpress sablon kaos. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.
oleh: Bambang Santoso (Gading Kaos)



1 komentar

  1. kertas teflon selain di toko sablon bisa di dapat dimana gan...

    BalasHapus