Pemanfaatan Limbah Sablon untuk Pot Tanaman

Limbah sablon menjadi suatu hal yang biasa bagi para penggiat sablon, beragam limbah yang dihasilkan... thumbnail 1 summary

Limbah sablon menjadi suatu hal yang biasa bagi para penggiat sablon, beragam limbah yang dihasilkan kadang menjadikan lingkungan terkesan kurang menarik apabila menejemen limbah tersebut tidak digarap dengan baik. Salah satu limbah yang biasa menumpuk adalah botol-botol atau pemungkus bahan sablon. Nah, di sekempatan kali ini Sablon Info akan memberikan tips bagaimana memanfaatkan limbah botol obat afruk sablon untuk membuat pot tanamam :)

Pemanfaatan Limbah Sablon untuk Pot Tanaman

Salah satu limbah sablon yang dapat dimanfaatkan sebagai pot tanaman adalah botol obat afdruk. Botol ini terdapat ukuran kecil dan ukuran 1 kiloan. Untuk botol 1 kiloan berukuran diameter ... cm dan tinggi ... cm. Dengan ukuran tersebut sepertinya layak untuk dijadikan pot tanaman :)

Caranya sangat sederhana, lubangi bagian bawah botol dengan obeng atau alat lainnya hingga membentuk kira-kira 3 lubang atau lebih, kemudian isi botol dengan tanah campurkan sedikit kerikil, pasir dan daun-daun kering bisa perlu. 

Selanjutnya tentukan tanaman apa yang akan ditaman dalam pot botol bekas tersebut, bisa dengan membeli di toko tanaman atau mencari di lingkungan sekitar. Setelah itu tanam tanaman tersebut pada pot dan siram dengan air secukupnya. 

Agar tampilan lebih menarik beri kirikil di bagian atas hingga menutup bagian tanah yang terlihat. Kurang lebih begini hasilnya :)


Jika sudah jadi bisa diletakkan di tempat-tempat yang strategis misalnya ruang workshop sablon, ruang desain, dan sebagainya. Dengan hal sederhana tersebut setidaknya membantu mengurangi limbah dan turut serta dalam kegiatan penghijauan di lingkungan sendiri, hehee...

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi terman-teman sekalian. Terima kasih :)

Oleh: Bambang Santoso (Gading Kaos)

2 komentar

  1. kalo untuk pengelolaan limbah bekas cuci screen yang banyak tintanya bagaimana ya kang? penguraian tintanya seperti apa

    BalasHapus
  2. Pertanyaan bagus mas, sebagai sedikit informasi mungkin bisa menggunakan penyarin air buatan menggunakan bahan2 seperti kerikil, arang, ijuk, dll.

    Untuk lebih detail mungkin akan kami buatkan artikel khusus membahas ini :)

    BalasHapus