3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menyablon Dengan Tinta Waterbase

Saat menyablon kaos dengan menggunakan tinta waterbase (misalkan tinta rubber) ada hal-hal yang p... thumbnail 1 summary


Saat menyablon kaos dengan menggunakan tinta waterbase (misalkan tinta rubber) ada hal-hal yang patut dicemati baik yang seharusnya dilakukan dan yang tidak seharusnya dilakukan. Kali ini Sablon Info akan membahas tentang hal-hal yang tidak boleh atau jangan dilakukan saat menyablon dengan tinta waterbase.

3 Hal yang Tidak Boleh atau Jangan Dilakukan Saat Menyablon Dengan Tinta Waterbase,

1. Berhenti untuk melakukan aktivitas lain.
Saat menyablon (gesut) kadang kita terhenti karena hal-hal tertentu seperti menerima telepon, menerima tamu, dll. Nah, hindari hal-hal yang menyebabkan terhentinya aktivitas menggesut dikarenakan tinta waterbase seperti rubber mempunyai karakter mudah kering sehingga menimbulkan kerak pada rubber yang menyebabkan screen mudah tersumbat.

2. Menaruh tinta terlalu banyak atau terlalu sedikit.
Saat menyablon usahakan menaruh tinta pada screen dengan takaran yang pas atau terdapat sisa tinta sedikit mungkin saat selesai proses gesut. Menaruh tinta terlalu banyak menyebabkan tinta mudah kering, sedangkan menaruh tinta terlalu sedikit berdampak pada kurang baiknya hasil sablonan jika terjadi kehabisan tinta di tengah-tengah proses gesut.

3. Menunda mencuci screen
Menunda mencuci screen setelah digunakan untuk menyablon menyebabkan tinta menjadi kering pada screen, semakin kering tinta maka akan semakin keras dan semakin sulit pula untuk dibersihkan. Biasakan untuk selalu mencuci screen setiap kali selesai proses gesut, dalam keadaan tinta basah akan sangat mudah dibersihkan dengan air mengingat tinta waterbase akan larut dengan air dalam kondisi basah. Keuntungan dari membersihkan screen dari tinta adalah mempermudah penghapusan afdruk screen (baca:Cara Cepat Membersihkan atau Menghapus Afdruk Screen Sablon).

Demikian beberapa hal yang tidak boleh atau jangan dilakukan saat menyablon dengan tinta waterbase, tentunya masih banyak hal-hal lain yang berlum dapat terulis pada halaman ini dan mungkain akan ditambahkan di lain kesempatan, semoga bermanfaat :)

Oleh: Bams (GadingKaos)

4 komentar

  1. hahaha, 3 hal di atas yang sering aku lakuin saat masih baru di dunia sablon. dulu waktu gesut kadang sambil sms, sambil terima telpon dll, so jadi kering sablonnya.
    mau gesut juga sering terlalu sedikit rubbernya, giliran kurang masih dipaksain gesut, eee hasil sablonan gak rata, hihihiii
    nah, kalau menunda mencuci screen sering bgt tuh dulu, dampaknya screen jd sulit baget dihapus dan membutuhkan waktu lama buat bersihinnya.
    tp Alhamdulillah sekarang sudah jauh lebih baik. Artikel di atas patut dibaca bagi yang baru memulai sablon, sipp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, semoga bisa menjadi pengetahuan bagi sablonners sekalian :)

      Hapus
  2. Bener mas bro. Saya juga pernah ky gitu. Paling sering screennya di simpen lama baru di cuci. Akhirnya di lem biru dah. wkwkwk

    BalasHapus
  3. Share ilmu yg sangat bermanfaat gan, sukses selalu :)

    BalasHapus