Cara Menambahkan Font Huruf .TTF pada Komputer atau Laptop

Font sering disebut-sebut sebagai jenis huruf atau bentuk huruf pada komputer atau perangkat digital... thumbnail 1 summary

Font sering disebut-sebut sebagai jenis huruf atau bentuk huruf pada komputer atau perangkat digital lainnya. Umumnya sebuah komputer atau perangkat digital terdapat font huruf bawaan yang umum dipakai seperti Arial, Times New Roman, dll. Kali ini Sablon Info akan membagikan informasi cara menambahkan font huruf pada komputer, atau bisa disebut menginstall font yang diambil dari pihak ketiga misalkan dari mendownload di internet.


Cara Menambahkan Font Huruf .TTF pada Komputer atau Laptop

1. Ambil font yang dikehendaki, bisa dari mengunduh (download) dari internet, copy dari komputer teman, dan lain sebagainya. Nah, umumnya font mempunyai ekstensi .ttf (TrueType font). Contoh website yang menyediakan font gratis adalah http://dafont.com/, dalam contoh ini file sudah didownload dengan nama acryle_script.

2. Jika file yang didownload masih terkompress dalam Zip/Rar/7Zip maka harus di ekstrak terlebih dahulu untuk mendapatkan file .ttf (TrueType font).

File font yang terkompress hasil download di internet
Ekstrak file font (klik kanan, pilih Extract Here)
File-file hasil ekstrak, Font adalah file dengan tipe TrueType font
3. Jika sudah mendapatkan file dengan ekstensi .ttf (TrueType font) dalam contoh ini nama filenya AcryleScript_PersonalUse.ttf maka copy file tersebut dan paste atau letakkan pada C:/Windows/Fonts, berikut caranya:
  1. Klik kanan logo START pada Windows, kemudian Open Windows Eksplorer
  2. Akan terbuka tampilan Windows Explorer, Klik drive C: kemudian cari dan klik folder Windows, pilih dan klik folder Fonts
    Folder Fonts pada Sistem Windows

  3. Setelah folder Fonts pada Windows terbuka letakkan file font AcryleScript_PersonalUse.ttf ke dalam folder Fonts tersebut, bisa dengan copy-paste atau dengan drag kemudian seret dan masukkan dalam folder Fonts.
4. Jika file font yang ingin ditambahkan sudah masuk pada folder Fonts selanjutnya Anda akan menemukan font tersebut pada aplikasi-aplikasi yang dipakai pada Windows seperti Ms.Word, CorelDraw, dan sebagainya.
Font sudah bisa digunakan dalam aplikasi CorelDraw
Demikian ulasan seputar Cara Menambahkan Font Huruf .TTF pada Komputer atau Laptop, untuk font-fonte bagus koleksi dari Sablon Info bisa dibuka di sini : 
Koleksi Font Bagus, Keren, Silahkan Download Gratis
semoga bermanfaat..

Oleh: Bams (GadingKaos.Com)


2 komentar

  1. bang mau tanya, saat saya nyablon tinta putih dikain hitam, kok hasilnya kurang sempurna ya? apa perlu warna dasar? kalo iya warna apa ya? dan saat setelah nggesut pas ngangkat screen itu tinta yg dikaos ada yg ikut keangkat itu gimana ya bang? trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara yang umum digunakan oleh sablonner adalah dengan 3x timpa jika sablon di kain gelap mas, caranya.. gesut kemudian keringkan, gesut kembali dan keringkan lg, gesut lagi dan keringkan kembali...
      Jika saat gesut ada tinta yang ikut keangkat mungkin tinta terlalu kental, bisa diencerkan dengan binder...
      Semoga bermanfaat...

      Hapus