Tips Memilih Jasa Sablon Kaos Satuan atau Jumlah Banyak

Jasa sablon kaos merupakan salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan kaos dengan desain sesuai k... thumbnail 1 summary

Jasa sablon kaos merupakan salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan kaos dengan desain sesuai keinginan. Saat membeli kaos di toko atau distro ada kalanya desain-desain yang disediakan belum dapat mengapresiasi keinginan calon pembeli. Nah, terdapat banyak jasa desain kaos baik satuan maupun jumlah banyak, kali ini Sablon Info akan berbagi tips berkenaan dengan hal tersebut.

Mengenali jenis-jenis sablon kaos

Sebelum melakukan order sebaiknya kenali jenis sablon yang dikehendaki. Secara garis besar kami mencoba membagi dalam dua jenis yaitu sablon digital dan sablon manual. Sablon digital adalah sablon yang dikerjakan dengan peralatan digital seperti printer DTG, sedangkan sablon manual merupakan sablon yang menggunakan alat-alat manual seperti screen, rakel dan sebagainya. Antara sablon digital dan sablon manual mempunyai kelebihan masing-masing.

Jasa Sablon Kaos Satuan atau Jumlah Banyak?

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah banyaknya sablon yang akan dipesan, apakah satuan, jumlah sedikit atau jumlah banyak. Sedangkan yang kedua adalah desain sablon, apakah minim warna atau banyak warna.

jasa sablon kaos satuan dan banyak

Tips Memilih Jasa Sablon Kaos

Jika sablon kaos satuan atau dalam jumlah sedikit tetapi desain sablon mempunyai banyak warna atau desain sejenis foto kami menyarankan menggunakan jasa sablon digital, misalnya sablon DTG (Direct To Garment). Karena proses cetak sablon digital gambar dicetak dengan peralatan digital berupa printer sehingga tidak mempermasalahnya banyaknya warna pada desain.

Jika sablon kaos satuan atau jumlah sedikit tetapi desain minim warna, misalkan desain 1 warna bisa menggunakan jasa sablon digital atau sablon manual. Akan tetapi tidak semua jasa sablon manual mau menerima pesanan sablon satuan atau jumlah sedikit, hal ini dikarenakan proses sablon manual sendiri mempunyai banyak tahapan sehingga mungkin banyak yang berangggapan tidak sebanding dengan tenaga dan waktu yang dikeluarkan hanya untuk menyablon satuan. Silahkan pilih berdasarkan hasil dan biaya yang dikeluarkan.

Jika sablon kaos jumlah banyak dengan desain minim warna atau banyak warna kami menyarankan menggunakan jasa sablon manual, hal ini kami dasarkan dari beberapa faktor diantaranya biaya produksi sablon manual (jumlah banyak) lebih kecil dan proses pengerjaan sablon juga lebih cepat daripada menggunakan peralatan digital seperti printer DTG.

Demikian sedikit ulasan tentang tips memilih jasa sablon kaos satuan atau jumlah banyak berdasarkan pengalaman penulis pribadi. Tulisan di atas hanya mewakili beberapa kasus di lapangan, untuk kasus-kasus sablon yang lain mungkin membutuhkan penanganan yang berbeda. Semoga bermanfaat.

Oleh. Bambang Santoso - Gading Kaos (GK) Klaten


3 komentar

  1. Modal buka sablon manual kisaran berapa?

    Terimakasih sebelumnya
    Mohon saran dan bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk membuka usaha sablon manual memang biaya relatif mas, tergantung dari alat apa yang dipergunakan, khususnya alat presisinya...

      Kalau sablon dengan metode todong untuk usaha skala kecil saat ini saya kira modal Rp.500.000,- sudah cukup, metode todong berarti tanpa alat presisi, hanya membutuhkan screen, rakel, dan lainnya.

      Untuk alat presisi memang banyak jenisnya, ada frame presisi, meja catok, meja rell, meja rotary dan lain sebagainya. Harganya pun berfariasi dan akan panjang jika dijelaskan lebih detail...

      Kami usahakan untuk memuat artikel khusus untuk mengulas pertanyaan mas Jafar tersebut. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  2. halo pak, apa ada referensi list teman2 tukang sablon. saya lagi mencari jasa sablon utk qty gede daerah solo. makasih.

    BalasHapus