Kunjungan ke Workshop Sablon Kaos Ppcp IndoPrint Solo

Lama berkeinginan mengunjungi sahabat sablon di Solo, Alhamdulillah hari Selasa 8 September 2015 ber... thumbnail 1 summary

Lama berkeinginan mengunjungi sahabat sablon di Solo, Alhamdulillah hari Selasa 8 September 2015 berkesempatan berkunjung ke workshop sablon kaos Ppcp IndoPrint milik mas Ceper. Dengan senang hati mas Ceper berkenan meluangkan waktu untuk sharing dan berbagi pengalaman dengan Sablon Info yang akan diulas pada halaman ini.

Mas Ceper Ppcp dan Bams Sablon Info

Keluar dari Bangku Kuliah dan Merintis Usaha Sablon Kaos

Sebut saja mas Ceper, mulai merintis usaha sablon di tahun 2012 setelah memutuskan keluar dari bangku kuliah di jurusan Teknis Sipil di UNS salah satu Perguruan Tinggi Negri di Solo. Dengan mengontrak kios berukuran 3 x 3 meter usaha dimulai menggunakan peralatan seadanya. Saat Sablon Info menanyakan alat sablon apa yang dulu digunakan mas Ceper menjawab dulunya menyablon dengan sistem todong karena belum mempunyai alat bantu presisi, tapi walaupun menyablon dengan sistem todong mas Ceper berusaha memberikan hasil sablonan yang terbaik.

Seiring berjalannya waktu ada teman yang meminjami meja catok yang kemudian dipergunakan oleh mas Ceper untuk mengerjakan pesanan-pesanan sablon kaos di wilayahnya Solo. Sarana dan prasarana saat itu memang sangat minim, bahkan sering kali perlu menunggu motor temannya senggang untuk dipinjamnya guna mengantarkan jahitan atau pesanan kaos. Karena hubungan yang baik dengan teman-temannya singkat kata ada salah seorang temannya yang memberinya sepeda kayuh yang kemudian ia gunakan untuk mengantarkan jahitan kepada penjahit.

Usaha semakin Berkembang & Menambah Peralatan

Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan usaha mas Ceper (Ppcp IndoPrint) semakin dipercaya pelanggan, ia mulai dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk membeli peralatan sablon noken presisi dan mengontrak sebuah rumah untuk memperluas ruang produksi. Perekrutan karyawan juga mulai dilakukan seiring banyaknya permintaan sablon kaos dari pelanggan.
Workshop sablon kaos Ppcp IndoPrint tahun 2013
Foto di atas adalah alat noken presisi yang dipergunakan Ppcp Indoprint pada tahun 2013 silam, diambil dari dokumentasi FB Ppcp Indoprint. Noken presisi merupakan salah satu jenis peralatan sablon yang sudah banyak dikenal oleh penggiat sablon dikarenakan harganya yang ekonomis dan dengan akurasi presisi yang baik. Seiring perkembangannya sekitar tahun 2014 Ppcp Indoprint kembali meng-upgrade peralatan sablonnya menjadi meja rell panjang sebagaimana terlihat pada foto berikut.

Workshop sablon kaos Ppcp Indoprint
Saat ditanya oleh Sablon Info setidaknya saat ini (tahun 2015) mas Ceper sudah mempunyai 11 karyawan dengan spesialisasi masing-masing sehingga pengerjaan pesanan sablon dapat dikerjakan lebih cepat dan lebih baik. Ppcp Indoprint kini dipercaya oleh distro-distro dari dalam kota maupun luar kota Solo untuk memproduksi produk-produk distro, adapun Ppcp juga kerap menerima siswa kursus dari berbagai kota bahkan dari Malaysia.

Mendirikan Komunitas Sablon Kaos Solo

Mas Ceper tidak pelit dalam berbagi ilmu sablon dan senang berbagi pengalaman dengan orang lain, salah satu wadah yang dibuatnya untuk berbagi pengetahuan sablon dengan teman-teman lain adalah komunitas Sablon Kaos Solo yang selain aktif pada group dai FB juga aktif mengadakan pertemuan dengan sesama penggiat sablon baik yang masih mau belajar maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia sablon.

Perlu di ketahui komunitas Sablon Kaos Solo sudah banyak melahirkan penggiat sablon profesional yang karyanya patut diacungi jempol berkat peran mas Ceper di dalamnya.

Mas Ceper Ppcp and Friends

Tips-tips untuk Sablon

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan Sablon Info meminta beberapa tips untuk para pembaca Sablon Info, berikut beberapa yang disampaikan mas Ceper.

  • Konsisten dalam menekuni sablon, saat terjun ke dunia sablon sebaiknya fokus dan konsisten, tidak mudah tergiur dengan hal-hal yang kurang bermanfaat. Apapun bisnisnya asal tekun dan konsisten hasilnya akan baik.
  • Hubungan dengan Tuhan adalah yang utama, selain itu membina hubungan baik dengan orang-orang sekitar juga sangat penting. 
  • Investasi peralatan usaha dengan baik, dengan peralatan yang baik kemampuan produksi juga lebih cepat dan optimal. 
  • Skill dan peralatan sablon manual dimana-mana tidak jauh beda, yang lebih penting adalah servis dan pelayanan yang baik kepada pelanggan. 
Demikian setidaknya beberapa yang disampaikan mas Ceper yang mungkin dapat memotivasi dan memberikan manfaat bagi pembaca Sablon Info dimanapun berada. 

Penulis berharap cerita di atas dapat menginspirasi dan memotivasi pembaca dan sahabat sablon di manapun berada. Terima kasih. 

Oleh: Bambang Santoso / Bams GK




4 komentar

  1. Sangat memotivasi perjuangan dari Ppcp, apapun usahanya yang penting telaten Insya Allah akan berbuah manis, aamiinnn...

    BalasHapus
  2. Tips nya bagus baget

    BalasHapus
  3. BOLEH minta kontak mas ceper kah saya mau main kesana ?

    BalasHapus
  4. Saya pengen belajar bang...ada kontak yng bsa dihubungi g?

    BalasHapus