Kunjungan ke Workshop Sablon Kaos Gubugkaos Jatinom

Selasa, 20 Oktober 2015 Saya bersempatan mengunjungi sahabat sablon di Jatinom, Klaten. Mas Aji nama... thumbnail 1 summary

Selasa, 20 Oktober 2015 Saya bersempatan mengunjungi sahabat sablon di Jatinom, Klaten. Mas Aji namanya pemilik Gubug Kaos sebuah jasa pembuatan kaos dan sablon di Jatinom. Sebelumnya saya sudah kenal baik dengan mas Aji dan timnya seperti mas Inug dan mas Farid, dan ada satu lagi yang baru saya kenal bernama mas Katit.

Nah, dalam kesempatan tersebut saya mencoba menggali informasi seputar sablon dari mas Aji dan tim yang barangkali dapat bermanfaat buat pembaca di manapun berada.

Mas Aji (Gubug kaos) dan Bams (Sablon Info)

Membuka Usaha Sablon dari Belajar Otodidak

Jika pada umumnya pemilik usaha sablon pernah bekerja sebagai tenaga sablon di perusahaan atau workshop sablon lain lain halnya dengan mas Aji, dia belajar sablon secara otodidak dari membaca-baca buku dan internet, memang awalnya banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam proses belajarnya akan tetapi berkat ketekunan dan kerja kerasnya usaha sablonnya yang dia mulai sejak tahun 2008 lalu tetap eksis hingga saat ini.

Gubung kaos mempunyai workshop sablon dengan ukuran kurang lebih 6 x 6 meter dengan alat utama sablon berupa meja catok yang dilengkapi dengan kita-kira 500 papan kaos. Yah, itulah salah satu kelebihan meja catok, walau dengan ruangan yang tidak terlalu besar dapat mengerjakan sablon jumlah banyak.

Mas Inug dan mas Aji sedang beraksi
Tim Gubung Kaos Jatinom
Hasil sablonan Gubugkaos

Memberikan Pelatihan-pelatihan Sablon

Gubug kaos milik mas Aji ini selain melayani pembuatan kaos sablon juga melayani jasa setting desain, pisah warna dan juga memberikan pelatihan sablon ke sekolah-sekolah. Mas Aji juga pernah diundang oleh sebuah industri sablon besar guna memberikan pelatihan setting desain untuk sablon.

Pernah Diliput Televisi Nasional

Karena kekreatifitasannya mas Aji pernah diliput beberapa telivisi nasional dan karyanya dipakai oleh portal berita nasional dan instansi-instasi pemerintah, serta tersebar luas di media sosial. karya yang dimaksud memang tidah berhungan dengan sablon, akan tetapi salah satu bukti bahwa ia seorang yang kreatif.

Poster Selamatkan Anak dari Asap
Poster alat bantu pernafasan
Gambar di atas merupakan informasi tentang cara alat bantu pernafasan yang dibuat dan disebarkan mas Aji guna membantu saudara-saudara yang terkena dampak kabut asap akhibat pembakaran hutan di Sumatera. Awalnya gambar-tersebut hanya ia upload di account media sosialnya hingga akhirnya menyebar luas dan digunakan oleh media berita, instansi pemerintah dan bahkan ada beberapa wartawan televisi nasional datang lagsung ke rumah mas Aji untuk meliput cara pembuatan alat tersebut.

Demikian sedikit liputan hasil dari kunjungan di worksop sablon Gubug kaos di Jatinom, Klaten, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.

Oleh: Bambang Santoso / Bams GK

.

Tidak ada komentar

Poskan Komentar