Tanya: Untuk Sablon Kain Hitam Apakah Harus Diblok Warna Putih Dulu?

Menanggapi pertanyaan dari salah satu pengunjung di Sablon Info beberapa waktu lalu tentang apakah ... thumbnail 1 summary

Menanggapi pertanyaan dari salah satu pengunjung di Sablon Info beberapa waktu lalu tentang apakah sablon pada kain hitam perlu diberi dasaran blok warna putih (underbase) terlebih dahulu?
Mungkin pertanyaan yang serupa ada di benak pembaca sekalian dan berikut Sablon Info mencoba berbagi berdasarkan pengalaman yang sudah kami alami antara memberikan blok sablon warna putih terlebih dahulu sebagai dasaran pada kain warna gelap.
  1. Berdasarkan setting desain (pisah warna)
    Saat melakukan setting desain pisah warna umumnya ada yang memberikan warna blok putih sebagai dasaran warna lain di atasnya, untuk desain-desain tertentu hal tersebut memang kadang diperlukan untuk mempermudah proses setting pisah warna, misalnya desain yang mempunyai dominan warna putih atau desain yang rumit atau banyak warna, sehingga dengan adanya blok putih dapat menyederhanakan proses sablon nantinya.
  2. Berdasarkan tinta yang digunakan
    Memberikan underbase atau dasaran putih diperlukan jika menyablon pada kain gelap menggunakan jenis tinta clear atau bening yang diberikan pewarna atau pigmen, tanpa diberikan dasaran putih maka warna tidak akan keluar karena kalah dengan warna kain. Adapun tinta clear umumnya digunakan pada kain putih, sehingga tanpa diberi dasaran atau blok hasil sablonan akan bagus.
Sablon dengan underbase
Sablon tanpa underbase
KELEBIHAN:
Memberikan undebase / dasaran atau blok tinta putih memberikan beberapa keuntungan,  diantaranya:
  • Menyederhanakan proses sablon, meliputi proses pisah warna dan proses sablon (penggesutan), dengan memberikan blok putih sebagai dasaran maka sablon warna di atasnya akan nampak cerah.
  • Hasil sablonan nampak halus dan cerah dikarenakan terdapat dasaran sablon. 
KEKURANGAN:
Adapun beberapa kelemahan yang perlu diketahui diantaranya,
  • Hasil sablonan nampak tebal, sablon dasaran biasanya dilakukan 2x timpa atau lebih baru ditimpa warna lain 2x atau lebih, hal tersebut memberikan kesan sablonan menjadi lebih tebal.
  • Sablonan warna di atas underbase beresiko mengelupas, hal ini disebabkan karena tinta warna tidak langsung menempel pada kain sehingga jika tinta warna tidak menempel kuat pada tinta undebase menyebabkan warna di atasnya mengelupas. 
KESIMPULAN: 
Berdasarkan pengalaman penulis, memberikan dasaran blok putih atau undebase baiknya dilakukan saat-saat kebutuhan tertentu saja, sablon yang baik adalah bila mana setiap warna dapat langsung menempel pada kain (tanpa underbase). 

Untuk sablon kain hitam apakah harus diblok warna putih dulu? Jawabannya adalah TIDAK HARUS.

Demikian sedikit jawaban dari pertanyaan tersebut di atas, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.  Terima kasih. 

Oleh: Bambang Santoso, ST. (Gading Kaos)

6 komentar

  1. Makasih infonya Ts.. Ini sangat berguna bagi kami semoga brrmamfaay juga ya bagi prmbaca yang lain..
    Ada pertanyaan ni.. Sebenernya jenis sablon SW itu lebih wajib di bahan warna terang apa warna gelap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaannya...

      Tinta SW (Super White) sangat cocok digunakan untuk kain berwarna terang, karena sifat tintanya yang dapat meresap pada kain.

      Jika tinta SW digunakan pada kain gelap maka warnanya kurang muncul, seringkali pada kain gelap tinta SW digunakan untuk sablon discharge imitasi karena menghasilkan hasil yang lembut (soft handfeel).

      Beberapa kasus mungkin beda penerapannya karena tinta SW sendiri mempunyai beberapa jenis :)

      Hapus
  2. jenis tinta yang cocok untuk menyablon pada kain warna hitam tanpa diblok dulu dengan warna putih,,mohon infonya gan,,,,trima kasih sbelumnya,,

    BalasHapus
  3. Untuk jenis-jenis tinta memang banyak jenisnya mas... untuk detail ulasan produk tinta bisa dibaca di www.sablon.biz

    BalasHapus
  4. setelah di lakukuan pemisahan warna cmyk, it pasti da warna yg kurang hitam n it akan brpengaruh pd pross prekamn film krna pd saat di sepmrot gak bisa rontok. llu gimna solusinya y?

    BalasHapus
  5. Untuk dot yang sulit berlubang lakukan penyemprotan bolak-balik mas, semprot screen kedua sisi depan dan belakang, semoga membantu..

    BalasHapus