Tips Mudah Cara Memperbesar Resolusi Gambar atau Foto

Beberapa waktu yang lalu ada pengunjung Sablon Info yang menanyakan bahwa hasil cetakan dengan DTG ... thumbnail 1 summary

Beberapa waktu yang lalu ada pengunjung Sablon Info yang menanyakan bahwa hasil cetakan dengan DTG dengan gambar yang diambil dari internet tidak maksimal dan bagaimana solusinya? Dari situ terpikirkan untuk menulias tentang Tips Mudah Cara Memperbesar Resolusi Gambar atau Foto. 

Saat mencari gambar di internet memang banyak jenis filenya seperti JPG, PNG, GIF dan sebagainya, adapun ukuran gambar juga ada yang kecil dan besar dan umumnya semakin besar resolusi sebuah gambar maka akan semakin jelas dan detail pula gambar tersebut.

Nah, berikut Tips Mudah Cara Memperbesar Resolusi Gambar atau Foto yang saya dapatkan dari salah satu website yaitu inet.detik.com

Jika kita membesarkan resolusi gambar (memperbanyak pixel) atau kadang disebut juga image resample, akibatnya pasti akan mengurangi kualitas gambar karena software tidak bisa membuat detail baru secara otomatis. Yang dilakukan software biasanya hanya menebak-nebak dan menduplikat pixel yang ada.

 Ketajaman foto akan terlihat menurun saat pixelnya diperbanyak. Jika memang kita harus memperbanyak jumlah pixel, saya biasanya akan mempertajam gambar. Biasanya, saya melakukan image resample dengan software Adobe Photoshop.

Contoh: Di Photoshop, pilih menu Image > Image Size Atur jumlah pixel yang diinginkan, kemudian centang Resample Image, pilih Bicubic Smoother for enlargement supaya hasil perbesaran gambar mulus tanpa cacat.

Setelah di-resample tapi belum dipertajam.

Setelah proses itu, pilih menu Filter > Smart Sharpen Geser kekuatan sharpening sampai hasil optimal yang diinginkan.


Perbedaan antara sebelum dibesarkan dan setelah dibesarkan dan dipertajam.


Dengan memperbesar resolusi dan mempertajam gambar tentunya akan meningkatkan kualitas gambar untuk diproses lebih lanjut misalnya untuk cetak di kaos (sablon), print DTG dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. <sablon.info>
Sumber: http://inet.detik.com/read/2015/01/07/163100/2796690/1353/tips-memperbesar-resolusi-foto

Tidak ada komentar

Poskan Komentar