Tips Menyambung Hidup dari Sablon oleh Adhit Dibyandaru (Tride Industries)

Setelah kalian pelajari ilmu teknik sablon, sekarang tinggal kalian dalami saja tidak perlu cari ... thumbnail 1 summary


Setelah kalian pelajari ilmu teknik sablon, sekarang tinggal kalian dalami saja tidak perlu cari pembanding dalam teknik karna tiap vendor pasti punya cara masing-masing untuk jadi kendala produksinya.

Adhit Dibyandaru owner Tride Industries

Masih banyak faktor penunjang usaha kalian
- Pemasaran online & offline
- Servis konsumen
- Manajemen waktu
- Pengelolaan SDM
- Manajemen keuangan
- Desain
- dan masih banyak lagi....

Jika kalian hanya fokus dengan teknik dan teknik maka faktor lain akan terlupakan. Tetap dalami teknik tersebut tapi jangan sampai kelewat batas, dalam hal ini artinya kalian masih punya HOME WORK yang menumpuk untuk pengembangan usaha mandiri.

Pemasaran online jangan pernah berhenti karna disitulah lahan empuk bagi vendor, karna jaman sekarang konsumen 90% waktunya digunakan untuk pegang gadget maka gunakanlah semaksimal mungkin fitur-fitur yang disediakan oleh gadget kita.

Tride Industries Yogyakarta
Penyampaian yang tepat akan menyenangkan bagi konsumen walaupun kadang pahit yang kita rasakan. Memang seperti itu tidak usah kalian pikirkan. Jika gagal produksi, anggaplah pembelajaran yang sangat berharga. Toh rejeki kita tidak akan tertukar pada vendor lain. Jika kehilangan konsumen pasti Tuhan akan ganti dengan konsumen lain. Yang penting kita berikan yang terbaik supaya tetap terjalin rasa saling membutuhkan.

Kita juga tidak ada yang mau kalau hasil sempurna namun pengerjaan 1 bulan /artikel. Konsumen juga tidak pernah mau tahu masalah itu, maka kita harus pintar-pintar manajemen waktu. Toh semakin cepat kita kerjakan akan semakin cepat pula CASH FLOW nya.

SDM susah dikendalikan? lepaskan!! kenapa? kita tidak butuh penyakit jika nanti akan menularkan pada SDM yang lain. Jika ragu tidak akan menemukan SDM ya lakukan sendiri, buat apa ilmu yang selama ini kita dalami jika kita sendiri tak mampu melakukan sendiri. Balik lagi, tanamkan pada SDM jika kita ini saling MEMBUTUHKAN.

Kita tidak ingin juga kalau sudah terlihat kerja banting tulang tapi hasilnya tidak sesuai. pasti ada yang salah! Mungkin bagian pengeluaran yang seharusnya kita belum butuh tapi kita paksakan demi kejar gengsi jadi verdor yang "OPO-OPO DUWE" ha njuk ngopo? makloonke yo isih iso kok.

Bisa juga balik pada manajemen waktu, karna kita kejar hasil sempurna maka butuh waktu yang lama. Arep dadi seniman opo tukang sablon? nek sak kaos regane koyo lukisan yo wangun.. hahahaha.. Yang penting berikan hasil terbaik!!! Atur waktu pengerjaan, jangan sampai MBLONDROK KESUWEN MARAI PENYAKIT!!

Ilmu Desain Grafis juga ada pentingnya, ketika sepi orderan bisa juga kita buat desain dan jadikan proyek Pre-order atau bisa juga konsumen bodong datang tanpa punya desain bisa kita kasih free desain sebagai promo.

Semoga bermanfaat.
Sekali lagi, Tidak ada ilmu yang sia-sia! Semua hanya butuh proses.


Oleh Adhit Dibyandaru (Tride Industries)

Dicopas dari Facebooknya mas Adhit Dibyandaru 
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10205845119103530&set=a.1402120529415.2050309.1124382525&type=3


3 komentar

  1. Inspiratif dan sangat bermanfaat
    makasih sharingnya om

    BalasHapus
  2. Hehehehe.... jd gitu ya, makasih ilmunya sangat mengena terutama saya yang pengennya selalu upgrade peralatan sablon, hehee...

    BalasHapus
  3. Jadi inspirasi dlm pengelolaan bisnis, terima kasih sudah berbagi ilmu..

    BalasHapus