Tips 5 Cara Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Agar Lebih Produktif

Alhamdulillah di kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang cara meningkatkan kualitas tenaga kerja agar lebih produktif berdasarkan pengalaman saya mengelola karyawan dan dari informasi-informasi yang saya dapatkan dari orang yang lebih berpengalaman. 

Bagi Anda pemilik usaha atau seorang pimpinan divisi pada sebuah perusahaan mungkin tips berikut bisa bermanfaat. 

Tips Cara Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Agar Lebih Produktif

  1. Buat Jobs Description (Uraian Pekerjaan) Secara Jelas
    Kebetulan penulis pernah menjalani profesi sebagai karyawan yang saat ini memiliki usaha dan mengelola beberapa karyawan sehingga dapat memahami Jobs description atau uraian pekerjaan ini dari dua sisi yaitu sebagai karyawan dan sebagai pimpinan.

    Sewaktu menjadi karyawan saya diberi beberapa lembar kertas yang berisi job description yang mesti saya pelajari, namun sayangnya isinya sulit dipahami bagi seorang pekerja pemula yang akhirnya hanya dibaca sekilas tanpa mendalami maksud lebih jelasnya, saya lebih banyak mengetahui pekerjaan-pekerjaan dari teman sekantor yang mungkin juga belum tentu baik kerjanya :)

    Kemudian dalam posisi saya saat ini sebagai owner sebuah usaha yang bergerak dalam bidang produksi pakaian jadi dengan nama Gading Kaos mencoba menyusun Jobs Description lebih jelas namun detail. Saya paham bahwa karyawan kurang bekerja secara maksimal mungkin dikarenakan bingung akan apa yang seharusnya dikerjakan, faktor penyebab bingung ini adalah tidak adanya atau kurang dipahaminya uraian pekerjaan dengan baik. 


    Maka dari perlu adanya Jobs Description yang mudah dipahami serta secara berkala memberikannya untuk mengingatkan kembali barangkali ada uraian pekerjaan yang dilupakan.
    Cara pertama ini kemungkinan akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja agar lebih produktif, selanjutnya mari kita lanjut ke tips kedua...

  2. Adakan Brefing (Pengerahan) Secara Berkala
    Sewaktu menjadi karyawan setiap pagi pimpinan saya sering mengadakan brefing atau pengarahan kepada seluruh karyawan, hal ini menjadikan saya memahami tujuan-tujuan dan permasalahan dalam perusahaan sehingga mengerti apa yang mesti dilakukan.

    Dan saat ini saya mempunyai beberapa karyawan dan kebiasaan dulu sewaktu menjadi karyawan saya paktekkan walaupun tidak setiap hari, dari brefing ini ternyata banyak usulan-usulan yang membangun dari karyawan. Saat brefing saya juga memotivasi agar karyawan bekerja lebih semangat dan hasilnya cukup terasa.

    Kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas komunikasi antar seluruh tim sehingga juga dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja agar lebih produktif.

  3. Sikap Lebih Tegas Namun Tetap Bijaksana
    Apabila ada karyawan yang kerjanya tidak baik mungkin ada sebuah permasalahan pada diri karyawan tersebut, apakah tidak senang dengan bidang pekerjaannya atau karena sebab lain. Sebagai pimpinan baiknya dapat menggali permasalahan tiap karyawannya dan dapat memberi solusi yang tepat. 

    Mungkin perlu diberikan pengertian kepada karyawan yang kinerjanya tidak baik bahwa perusahaan memerlukan kinerja tim yang optimal dan bagi karyawan yang tidak bisa mengikuti irama kerja perusahaan diberi kesempatan untuk memilih untuk tetap bekerja dengan lebih baik, mengajukan permohonan untuk bekerja pada divisi lain yang lebih sesuai, atau memilih untuk bekerja di tempat lain. Namun perlu diingat bahwa penyampaian hal tersebut jangan pada forum ramai namun bicara empat mata dengan karyawan yang kurang optimal tersebut, dan dilakukan kepada karyawan yang benar-benar sulit untuk mengikuti budaya kerja perusahaan.

  4. Berikan Apresiasi dan Ucapkan Terima Kasih
    Salah satu sifat manusia kebanyakan adalah mencari pengakuan atas kinerja dan prestasi mereka, begitu juga dengan karyawan. Jika karyawan sudah bekerja dengan baik maka berikan apresiasi, bisa dengan bonus atau berupa ucapan terima kasih dan perlu disampaikan bahwa kerja yang baik juga harus ditingkatkan untuk lebih baik lagi. 

  5. Berikan Motivasi dan Buat Karyawan Mencintai Pekerjaanya
    Sebagai pemimpin harus bisa memotifasi anak buahnya, sampaikan hal-hal yang membangun misalnya jika perusahaan tumbuh besar tentu akan diikuti dengan meningkatnya kesejahteraan karyawan. Atau motivasi yang berhubungan dengan agama seperti bekerja untuk menafkahi keluarga adalah ibadah yang mulia. 

    Bisa juga dengan menghimbau untuk bersyukur atas apa yang sudah didapat yaitu kesehatan dan pekerjaan karena di luar sana banyak orang yang mengharap bisa bekerja seperti kita.

    Dengan memberikan motivasi yang tepat akan meningkatkan semangat kerja tim. 

Demikian Tips 5 Cara Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja Agar Lebih Produktif berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis, semoga dapat menginspirasi..

Oleh: Bambang Santoso, ST. (Owner Gading Kaos)

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon