Logo Pemadam Kebakaran (Damkar) Yudha Brama Jaya

Logo Pemadam Kebakaran (Damkar) Yudha Brama Jaya merupakan logo resmi Pemadam Kebakaran Indonesia. Pemadam adalah seluruh Aparatur Sipil Negara yang melaksanakan tugas pencegahan, pengendalian, pemadaman, penyelamatan, penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran, inspeksi peralatan proteksi kebakaran, investigasi kejadian kebakaran dan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran.

Logo pemadam kebakaran (Damkar) sangat diperlukan dalam pembuatan seragam lembaga ini, misalnya kaos lapangan, baju dan sebagainya. Maka dari itu Sablon.Info mencoba menyediakan file dalam formar .cdr atau Coreldraw yang bisa teman-teman download dan gunakan dalam produksi seperti sablon dan bordir bilamana mendapatkan pesanan atau baju dari instansi ini.

Logo Pemadam Kebakaran - Yudha Brama Jaya

Keterangan :

  1. 5 kelopak Bunga Wijaya melambang kemenangan dlm setiap pelaksanaan tugas pemadaman dan penyelamatan, 5 kelopak melukiskan 5 sila Pancasila, Tali Melingkar dan Lingkaran melambangkan bahwa tugas Pemadam Kebakaran bagaikan lingkaran yang tak berujung & tak berpangkal. 
  2. Tali melukiskan peralatan penyelamatan sebagai kesiagaan & kesiapan memberi pertolongan kepada korban. 
  3.  Tangkai 19 Lidah Api yang menyala melambangkan bahwa bahaya kebakaran selalu mengintai. 19 lidah api melukiskan lahirnya Instansi Pemadam Kebakaran pada tanggal 1 Maret 1919 
  4.  Air melambangkan terpenuhinya bahan pokok dalam pemadaman kebakaran. 
  5. Kelengkapan Kerja berupa helm, kampak, pemancar, dan selang melambangkan perlengkapan/peralatan kerja Pemadam Kebakaran dalam menjalankan tugas pokoknya. 
  6. Pita bertuliskan YUDHA BRAMA JAYA, YUDHA berarti perang, BRAMA berarti api, JAYA berarti menang. Jadi YUDHA BRAMA JAYA bermakna kemenangan dan keberhasilan dalam perang melawan kebakaran. 
  7.  Warna putih, merah, kuning, dan biru. Putih berarti kesucian/kebenaran, merah berarti keberanian/semangat yang membara, kuning berarti kemuliaan/keluhuran hati, dan biru berarti kesetiaan.

Logo Lencana Pemadam Kebakaran

Keterangan:
Makna Lencana Pemadam Kebakaran:
  1. Warna dasar kuning melambangkan kemuliaan hati; 
  2. Bingkai 8 arah panah melambangkan 8 arah penjuru mata angin; 
  3. Tulisan PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN merupakan identitas diri; 
  4. Tulisan INDONESIA berarti bahwa Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia; 
  5. Lambang Pemadam Kebakaran melambangkan jati diri Pemadam sesuai tugas dan fungsinya; 
  6. Warna dasar biru melambangkan kesetiaan; dan 
  7. Pita Warna Kuning bertuliskan Yudha Brama Jayadan bingkai dasar luar berwarna merah melambangkan keberanian dan semangat juang Pemadam dalam bertugas. 
Ukuran, Warna dan Tata Cara Penggunaan:
  1. Berbahan dasar logam warna emasdengan kombinasi warna biru, menggunakan bantalan warna merah dan berdiameter 5 cm; 
  2. Digunakan untuk pakaian PDH dan PDU; dan 
  3. Untuk pakaian PDL, lencana Pemadam dibordir warna emas.

Belum ada Komentar untuk "Logo Pemadam Kebakaran (Damkar) Yudha Brama Jaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel