Dari Usaha Modal Seadanya, Alhamdulillah Omset Mencapai Ratusan Juta?

Assalamu'alaikum teman-teman di manapun berada, melalui tulisan ini saya ingin sedikit menulis beberapa hal mengenai usaha saya dengan nama Gading Kaos (GK) Konveksi Klaten. Tulisan ini saya tujukan agar dapat menjadi inspirasi teman-teman khususnya yang baru memulai usaha di bidang konveksi dan sablon kaos.

Oiya, sebelum saya tuliskan pengalaman, saya juga telah membuat channel youtube sebagai wadah sharing saya melalui video, berikut alamat channel saya:

https://www.youtube.com/channel/UCcWeAvsfKBF6AqZQgI0nMWA

Jika berkenan silahkan subscribe dan saya akan berusaha berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui channel tersebut.

Baik, kembali ke cerita saya sekitar tahun 2013 lalu saya merintis usaha sablon kaos yang saya beri nama Gading Kaos. Waktu itu materi sablon di internet masih tergolong sedikit, jadi saya menjalani trial dan error untuk memperdalam pengetahuan seputar sablon.

Tahun itu saya ingin sekali ikut kursus sablon, tapi berhubung keterbatasan biaya dan lokasi kursus yang berada di luar kota (Jogja) menjadikan saya hanya bisa belajar dari baca artikel di internet, youtube dan tanya-tanya ke teman. Untuk praktek sablon saya kerjakan secara otodidak.

Saya memberanikan diri membuka usaha sablon kaos di rumah saya yang belum jadi, tembok masih kasar dan lantai masih semi tanah, kamar mandi juga belum ada. Alhamdulillah, rumah yang dulu belum layak dihuni, Alhamdulillah sekarang menjadi kantor utama Gading Kaos Konveksi Klaten saat ini :)




Berikut kiat-kiat yang saya jalani di awal-awal membuka usaha sablon dan bahkan masih banyak saya kerjakan hingga saat ini.

Non Teknis
  1. Sebagai seorang muslim saya tahu bahwa untuk sukses ibadah juga harus baik, sering saya baca bahwa ibadah sholat dhuha akan memperlancar rezeki, maka sholat dhuha hampir saya kerjakan setiap hari 2x 2 rakaat. Selesai sholat saya memohon kepada Allah untuk kesuksesan dan kelancaran rezeki. Susunan kalimat do'a yang saya panjatkan hampir selalu sama, setiap hari. Nah, sholat dhuha yang baik tentunya sholat fardhu juga harus baik.
  2. Memperbanyak sedekah, saya sudah sering baca dan dengar kalau sedekah akan melipatgandakan rezeki. Namun saat itu keadaan keuangan saya belum baik, lalu sedekah apa yang saya kerjakan?
    - Sedekah uang semampunya, bisa memasuki uang infak di masjid, memberi uang kepada orang tua dan istri, dan bahkan ketika saya ketemu kakek/nenek yang terlihat kasihan di jalan saya kasih uang, hehehe...
    - Berbuat baik kepada keluarga khususnya orang tua, saya berusaha tidak itungan dalam membantu. Misalnya ketika orang tua butuh bantuan saya berusaha membantu dengan sebaik-baiknya dan ikhlas karena Allah.
    - Berbagi ilmu yang bermanfaat, tahun 2013 pengetahuan sablon saya masih sangat sedikit, tapi saya berusaha berbagi pengetahuan walaupun hanya sekedar cara afdruk sablon dan lainnya. Saya menulis blog ini juga tujuannya untuk berbagi ilmu dan termasuk channel youtube saya.
  3. Bersyukur dan berfikir positif.

Teknis

Dalam awal merintis usaha konveksi dan sablon kaos di Klaten, saya mengerjakan hal-hal teknis dalam bisnis, seperti,

  1. Saya mendokumentasikan kegiatan-kegiatan usaha saya, seperti foto waktu mengerjakan sablon atau foto hasil sablonan. Sampai saat ini foto-foto lama saya masih saya simpan dan saat ini juga masih sering melakukan foto dokumentasi. Untuk apa foto tersebut? Foto saya gunakan untuk mengukur pertumbuhan usaha, misalkan foto tahun 2013 dengan foto 2014 apakah sudah ada perubahan peningkatan dan sebagainya. Foto juga saya gunakan seperti yang saya jelaskan pada nomer berikutnya.
  2. Rajin mengupload foto kegiatan dan hasil produksi di sosial media, awal-awal usaha saya hampir setiap hari memposting kegiatan sablon di sosial media seperti facebook. Hal yang saya lakukan ini ternyata membranding usaha saya menjadi lebih dikenal masyarakat :) 

Jika ingin dijabarkan mungkin akan lebih banyak lagi, Channel Youtube Scale Up UMKM untuk mempermudah saya berbagi. Hal-hal lain mungkin juga akan saya share melalui channel youtube saya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Link channel: https://www.youtube.com/channel/UCcWeAvsfKBF6AqZQgI0nMWA

Hormat kami,
Bambang Santoso, ST



Untuk berlangganan Berita Sablon.Info kirim email Anda melalui form Subscribe di bawah:

0 Response to "Dari Usaha Modal Seadanya, Alhamdulillah Omset Mencapai Ratusan Juta?"

Posting Komentar