Apakah Sablon Rubber Harus di Heat Press?

Heat press merupakan alat yang berkerja dengan daya tekan dengan suhu panas tertentu, alat ini biasa digunakan dalam industri sublimasi printing dan sablon. Nah, sebagaimana hubungannya dengan blog Sablon Info ini kami akan membahas tentang peran Heat Press dalam industri sablon manual, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar "Apakah Sablon Rubber Harus di Heat Press?"

Ketika usaha sablon belum mempunyai Heat Press

Berdasarkan pengalaman saya pribadi (penulis) yang memulai usaha sablon dari alat-alat seadanya, dimana awal usaha saya belum mempunyai alat yang namanya Heat Press, harganya yang lebih dari Rp. 2 juta belum terjangkau saat itu dan setelah usaha sablon berjalan kira-kira dua tahun baru dapat membeli alat ini, Alhamdulillah... 

Sablon kaos di tempat kami waktu itu tidak pernah melalui proses Heat Press dan alat pengering satu-satunya adalah Hotgun, setelah selesai penggesutan kemudian kami keringkan dengan Hotgun sampai kering. Kelebihan dari tinta rubber mempunyai karakter mudah kering, jadi hanya dengan Hotgun sablon rubber dapat kering dengan baik.

Belum mempunyai Heat Press tidak mengurangi keinginan kami untuk menjaga kualitas sablon, tekadang kami menggunakan setrika sebagai pengganti Heat Press dengan melapisi kertas teflon di atasnya, namun proses ini cukup memakan waktu terutama untuk sablon dengan ukuran besar :)

Lalu apa bedanya antara di Heat Press maupun tidak? 

Sablon rubber tanpa di Heat Press tidak masalah asalkan kering dengan sempurna, dengan kualitas tinta yang baik sablonan tetap awet. Sedangkan sablon rubber yang di Heat Press dengan benar akan mempunyai kekuatan yang lebih baik karena terjadinya daya tekan dengan suhu panas (biasanya sekitar 160 derajat celcius pada sablon kain katun) sehingga menjadikan tinta rubber merekat kuat dan semakin solid.

Foto dokumentasi Gading Kaos tahun 2016 dengan Heat Press baru

Sablon rubber yang tidak di Heat Press permukaannya tampak kasar, dan setelah di Heat Press permukaan sablon menjadi jauh lebih halus sehingga menambah kualitas sablonan itu sendiri. Hal ini akan sangat terasa jika dibandingkan secara langsung dengan cara dilihat maupun diraba.

Dengan penjelasan di atas teman-teman bisa menyimpulkan tentang perlu tidaknya Heat Press dalam industri sablon teman-teman sekalian dengan kondisi masing-masing. Bagi yang belum punya dan belum mampu membeli tidak perlu khawatir sebagaimana pengalaman saya di atas, sedangkan bagi yang sudah mampu membeli tentu Heat Press dapat meningkatkan mutu dan kualitas sablon sahabat sablon sekalian...

Demikian sedikit penjelasan dari saya semoga dapat bermanfaat, terima kasih... Wassalamu'alaikum wr.wb. 

Oleh: Bambang Santoso, ST. (Owner Gading Kaos)

Artikel terkait:
http://gadingkaos.blogspot.co.id/2016/10/menambah-alat-heat-press-sablon-ukuran.html


EmoticonEmoticon